PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Main Author: | IGEDO PRIAMBODO, 041211333091 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/60412/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/60412/2/A.%20134-17%20Pri%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/60412/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan utama perusahaan menurut theory of the firm adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran stakeholders. Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan yang baik. Tanggung jawab perusahaan tidak lagi berpijak pada keuntungan ekonomi semata, tetapi memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Keberlangsungan aktivitas perusahaan jangka panjang lebih penting daripada sekedar keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, serta pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan mediasi pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel adalah purposive sampling. Sampling yang diperoleh sebanyak 82 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, variabel pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, serta variabel pengungkapan corporate social responsibility mampu memediasi secara parsial antara ukuran perusahaan dan nilai perusahaan.