THE INFLUENCE OF INNOVATION STRATEGY AND GLOBAL DIVERSIFICATION TOWARDS FIRM VALUE (Empirical Study on Manufacturing Companies Listed in Indonesia Stock Exchange)

Main Author: SEAN SUDIRA HAMDALI, 041311333206
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/60383/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/60383/2/A.%20126-17%20Ham%20i.pdf
http://repository.unair.ac.id/60383/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pengaruh strategi inovasi dan diversifikasi global terhadap nilai perusahaan. Strategy inovasi diukur melalui intensitas R&D sedangkan pengukuran diversifikasi global menggunakan variabel dummy. Variable kontrol terdiri dari leverage dan size. Penelitian ini berfokus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang sudah diaudit pada www.idx.co.id dan www.quotes.wsj.com. Terdapat 138 observasi dari 33 sampel perusahaan. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linear berganda. Perhitungan dan uji hipotesis menggunakan SPSS ( Statistical Program for Social Science). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi inovasi secara positif dan signifikan memengaruhi nilai perusahaan. Namun, diversifikasi global tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.