PENGARUH STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Main Author: MUHAMAD IHSAN, 041311333175
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/60211/1/Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/60211/2/A.%2084-17%20Ihs%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/60211/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Di era sekarang ini, perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat bertahan di pasarnya dengan melakukan strategi. Dengan adanya strategi, perusahaan berharap dapat membuat kinerja perusahaannya menjadi lebih baik. Oleh karena itu, dengan sifat strategi perusahaan prospector dan defender dari Miles dan Snow (1978) perusahaan berupaya melakukan agresivitas pajak sehingga membuat laba di laporan keuangannya akan meningkat, dengan begitu kinerja perusahaan akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh strategi bisnis perusahaan terhadap agresivitas pajak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode dokumentasi. Data perusahaan yang digunakan adalah perusahaan manufaktur pada tahun 2013 - 2015 yang diperoleh dari situs web Bursa Efek Indonesia. Total populasi 130 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh jumlah sampel 22 perusahaan. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh dari strategi bisnis terhadap agresivitas pajak dikarenakan perusahaan cenderung menggunakan strategi yang konsisten dari 2013-2015 dan perusahaan menggunakan strategi bisnis untuk dapat mencapai tujuannya yaitu memperoleh keuntungan dengan agresivitas pajak.