PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN KLIEN TERHADAP NILAI TAMBAH JASA AUDIT DENGAN KOMITMEN PROFESIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Main Author: MOHAMMAD NIZAR FIRMANSYAH, 041211333019
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/60202/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/60202/2/A.%2079-17%20Fir%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/60202/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian pengaruh persepsi dukungan klien terhadap nilai tambah jasa audit dengan komitmen professional sebagai variable mediasi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah memberikan bukti empiris adanya pengaruh persepsi dukungan klien terhadap nilai tambah jasa audit dan efek mediasi komitmen professional dalam pengaruh persepsi dukungan klien terhadap nilai tambah jasa audit. Penelitian ini dilakukan dengan model penyebaran kuesioner kepada seluruh auditor yang bekerja di KAP Kota Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 KAP dari 43 KAP yang mau mengisi kuesioner penelitian ini. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Partial Least Square dengan bantuan software warpPLS versi 5.0. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa dukungan klien berpengaruh positif terhadap nilai tambah jasa audit dan terbukti signifikan, dengan p-values <0,05. Variabel dukungan klien juga berpengaruh positif terhadap komitmen profesional dan terbukti signifikan, dari p-values sebesar < 0,05 dan variabel komitmen profesional berpengaruh positif terhadap nilai tambah jasa audit dan terbukti signifikan, p-values sebesar < 0,05. Sedangkan variabel komitmen profesional terbukti memediasi secara parsial (partial mediation) pengaruh antara dukungan klien terhadap nilai tambah jasa audit, dibuktikan dengan nilai variance accounted for sebesar 50%.