PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DENGAN MEDIA KARTU LINIMASA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SEJARAH MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD ISLAM AL AZHAR 35 SURABAYA

Main Author: Laksmi Puspitowardhani, 111314253012
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/59906/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/59906/2/Tesis%20Laksmi_111314253012.compressed.pdf
http://repository.unair.ac.id/59906/
Daftar Isi:
  • Salah satu materi IPS yang diberikan di sekolah dasar adalah materi sejarah yang berisi tentang fakta peristiwa, tahun-tahun kejadian dan tokoh-tokoh sejarah. Prestasi belajar siswa pada materi ini cenderung rendah karena disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif dan kesulitan untuk menghafalkan materi yang sangat banyak. Materi sejarah yang termasuk informasi semantik membutuhkan strategi yang tepat agar materi tersebut bisa diingat dengan baik oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media kartu permainan Linimasa untuk meningkatkan prestasi belajar materi sejarah siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian kuantitatif yang dilakukan menggunakan metode eksperimen kuasi dengan melibatkan 50 siswa sekolah dasar kelas V. Berdasarkan hasil uji statistik parametrik t-test paired diketahui bahwa penggunaan kartu permainan Linimasa efektif meningkatkan prestasi belajar materi sejarah siswa. Metode ini lebih efektif bila dibandingkan dengan metode konvensional ceramah dan diskusi yang diberikan di kelas kontrol.