ANALISIS GAYA BAHASA DAN MAKNA IKLAN ROKOK A MILD GO AHEAD VERSI MANIMAL
Main Author: | Dimas Wahyu Priambodo, 121211131008 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/59842/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/59842/2/FULLTEXT%20FS%20BI%2016-17%20Pri%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/59842/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Analisis Gaya Bahasa dan Makna Iklan Rokok A Mild Go Ahead Versi Manimal” mendeskripsikan gaya bahasa dan makna yang terkandung dalam iklan. Iklan rokok A Mild Go Ahead versi „Manimal‟ yang ditayangkan di televisi pada akhir tahun 2015 memiliki gaya bahasa yang menarik dan memiliki makna tersirat didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa dan makna yang terkandung di dalam iklan. Data yang diambil diklasifikasikan berdasarkan rumusan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menguraikan, mengambarkan, dan menjelaskan fenomena objek penelitian dengan kata-kata yang bersifat tertulis. Hasil dari penelitian ini mengarahkan data yang merujuk pada gaya bahasa dan pemaknaan dalam iklan rokok A Mild Go Ahead versi „Manimal‟. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang digunakan dalam iklan adalah gaya bahasa repetisi, persamaan atau simile, dan hiperbola. Selain itu dari struktur leksikal ditemukan bentuk hiponimi. Makna yang terkandung dalam iklan bersifat denotatif dan konotatif.