HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK SLOW LEARNER DENGAN PARENTING SELF EFFICACY

Main Author: I WAYAN PUTRA RADITYAWAN, 111211132009
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/59741/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/59741/2/SKRIPSI%20_I%20WAYAN%20PUTRA%20RADITYAWAN_111211132009.pdf
http://repository.unair.ac.id/59741/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan guna mengetahui apakah terdapat hubungan penerimaan diri orangtua yang memiliki anak slow learner dengan parenting self efficacy. Variabel X (independen) dalam penelitian ini adalah Penerimaan Diri Orangtua, dan variable Y (dependen) dalam penelitian ini adalah Parenting Self Efficacy. Penelitian dilakukan pada orangtua yang memiliki anak slow learner di wilayah kota Surabaya. Jumlah subjek penelitian sebanyak 40 responden, yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, dimana skala Penerimaan diri orangtua diadaptasi dari skala Porter Parental Acceptance Scale (PPAS) (Yuen, 1997) sejumlah 40 aitem dan mengalami uji reliabilitas 1 putaran didapatkan 35 aitem yang dapat digunakan. Skala Parenting Self Efficacy diadaptasi dari Coleman & Karraker (2000) sejumlah 36 aitem. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi non parametrik Spearman Rho dengan program SPSS 16 for windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh signifikansi antara penerimaan diri orangtua dan parenting self efficacy adalah 0 < 0,05 dengan taraf signifikansiα = 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,6111. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penerimaan diri orangtua yang memiliki anak slow learner dengan parenting self efficacy.