Upaya Meningkatkan Kualitas Jasa Layanan Informasi di Perpustakaan
Main Author: | Siti Dwijati, Rr., S.Sos., M.Si |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Airlangga
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/58952/1/UPAYA%20MENINGKATKAN%20KUALITAS%20JASALAYANAN%20INFORMASI%20DI%20PERPUSTAKAAN.pdf http://repository.unair.ac.id/58952/ http://www.lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Perpustakaan sebagai sumber informasi pada era global mempunyai peranan strategis serta memiliki peluang yang cukup besar dalam bidang pengelolaan dan penyebaran informasi. Seiring dengan kehidupan masyarakat yang berlangsung sangat cepat dan sulit diduga. Perpustakaan harus cepat tanggap terhadap kebutuhan pengguna akan informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu. Untuk mencermati hal tersebut tentu saja diperlukan adanya upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan layanan yang ada, baik ditinjau dari kualitas maupun kuantitasnya. Selain itu kualitas pelayanan berhubungan dengan sikap pustakawan yang profesional, prosedur yang mudah dan suasana yang menyenangkan. Sedangkan kuantitas pelayanan menyangkut jenis dan banyaknya pelayanan yang dapat diberikan kepada penggunanya. Untuk menunjang hal tersebut perpustakaan berupaya meningkatkan layanan apabila didukung oleh tiga faktor utama yaitu pustakawan, fasilitas dan layanan yang optimal. Pengelola berusaha meningkatkan kualitas dengan meningkatkan SDM dengan penambahan pendidikan, pelatihan serta menambah fasilitas untuk menunjang layanan yang lebih baik. Itu semua akan menentukan eksistensi perpustakaan itu sendiri. Hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan adalah kepuasan pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi.