PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN KEPRIBADIAN PROAKTIF TERHADAP SCHOOL OUTCOMES DENGAN WORKSCHOOL CONFLICT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA YANG KULIAH SAMBIL BEKERJA)

Main Author: MUKTYARA PISITA, 041411223031
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/58743/1/1.%20ABSTRAK%20B%2027-17%20Pis%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/58743/2/2.%20FULLTEXT%20%20B%2027-17%20Pis%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/58743/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Memiliki school outcomes yang baik menjadi impian bagi semua mahasiswa. School outcomes terdiri atas kinerja sekolah dan kepuasan sekolah (McNall dan Michel, 2011). Dengan berperan ganda, dapat memicu terjadinya work-school conflict (WSC). Namun, work-school conflict dapat diminimalisir apabila mahasiswa tersebut mempunyai kepribadian yang baik. Penelitian ini menggunakan dua kriteria kepribadian yaitu locus of control internal dan kepribadian proaktif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga yang kuliah sambil bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antara locus of control internal dan kepribadian proaktif terhadap school outcomes melalui work-school conflict. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 57 mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least square (PLS). Hasil pada penelitian ini membuktikkan bahwa locus of control internal mempunyai pengaruh terhadap school outcomes, work-school conflict terbukti memediasi hubungan antara locus of control internal dan school outcomes, kepribadian proaktif terbukti mempunyai pengaruh terhadap school outcomes, dan work-school conflict tidak terbukti memediasi hubungan antara kepribadian proaktif terhadap school outcomes.