ANALISIS KESESUAIAN ANTARA PERSEPSI DAN HARAPAN NASABAH KREDIT TERHADAP KUALITAS JASA BANK PERKREDITAN RAKYAT "X" DI SIDOARJO

Main Author: DAVID SURYADI MULYONO, 049815911
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2003
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/58741/1/kk%20B%2080.04%20Mul%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/58741/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pada tahun 1997, terjadi krisis yang melanda seluruh bidang kehidupan di Indonesia, termasuk dunia perbankan. Hal ini mengakibatkan perusahaan-perusahaan perbankan menghadapi kondisi ekonomi global dan persaingan yang semakin ketat dan sulit. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan perbankan dituntut untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya, terutama di sektor kredit yang merupakan sumber penghasilan utama dari perusahaan perbankan. Salah satu cara untuk meningkatkan keunggulan kompetitif di sektor kredit dari sebuah perusahaan adalah dengan mengukur harapan dan persepsi nasabah kredit terhadap kualitas jasa. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mempengaruhi kepuasan nasabah kredit tersebut. Pengukuran harapan dan persepsi konsumenlnasabah terhadap kualitas jasa ini pemah dilakukan oleh Parasuraman, Zeithhaml dan Berry. Variabel yang diteliti didalam skripsi ini adalah harapan dan persepsi nasabah kredit terhadap kualitas jasa berdasarkan 5 dimensi kualitas jasa. Data diperoleh dengan kuesioner, dengan metode purposive sam-pling, dengan hipotesis sebagai berikut : Ho : Persepsi nasabah kredit sesuai (tidak ada perbedaan) dibandingkan dengan harapan nasabah. Hi : Persepsi nasabah kredit tidak sesuai (terdapat perbedaan) dibandingkan dengan harapan nasabah Penelitian tnl rnenggunakan tes ranking bertanda Wilcoxon untuk data berpasangan, dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil persepsi dan harapan nasabah kredit dikatakan sesuai apabila taraf signifikansi lebih besar dari 0,05 dan Z hitung diantara -1,96 dan + 1,96. HasH persepsi dan harapan nasabah kredit dikatakan tidak . . sesuai apabila taraf signifikansi lebih keeil sarna dengan 0,05 dan Z hitung diluar -1,96 dan +1,96. Hasil penelitian ini rnenunjukkan bahwa persepsi dan harapan nasabah kredit terhadap kualitas jasa Bank Perkreditan Rakyat "X" di SidoaIjo tidak sesuai