ANALISIS KINERJA BERTH TIME KAPAL KARGO MUATAN CURAH KERING DAN USULAN PERBAIKANNYA DI TERMINAL JAMRUD PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA
Main Author: | IYORI KHARISMA MUHAMMAD, 041211233103 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/58661/1/1.%20ABSTRAK%20B%2016-17%20Muh%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/58661/2/2.%20FULLTEXT%20B%2016-17%20Muh%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/58661/3/1.%20ABSTRAK%20B%2016-17%20Muh%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/58661/4/2.%20FULLTEXT%20B%2016-17%20Muh%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/58661/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- ���������� ��� �� � � �� �� � ����������� ���� �� berth time ����� �� �� ���� � �� �� ��� �� �� ���� �� � ����� ��� ���� �� �� �� � ������ �� �� � ���� �� ���� �� � � ���� ������ ����������� ��� ���������� ���� �� berth time ���������� ������ ���� ����� ������ ���� �� � �� �������� ����� ���/Jam) dan juga Waktu Efektif (ET:BT). Selain itu penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja berth time dengan melakukan wawancara dan observasi langsung terhadap beberapa informan yang mengerti dan terlibat dalam proses berth time kapal kargo muatan curah kering, yang dibagi menjadi 5 kategori: Manusia/Man, Mesin & Fasilitas/Machine, Metode & Proses/Process, Lingkungan/Environment, dan Muatan/Material dan akan dijabarkan secara lebih mendalam menggunakan cause and effect diagram. Hasil analisis menyatakan bahwa rata-rata kinerja produktivitas (T/G/J) mencapai angka 165, di atas standar yang ditentukan/disepakati yaitu 125, meski ada beberapa kegiatan yang masih di bawah standar. Sedangkan untuk rata-rata waktu efektif (ET:BT) hanya mencapai 54%, masih di bawah standar yang ditentukan/disepakati yaitu 70%, bahkan tidak ada satupun yang mencapai 90% dari standar yang diberikan. Dari hasil wawancara dan diskusi dengan pihak perusahaan, ditemukan bahwa faktor utama penyebab tidak tercapainya standar kinerja berth time di atas adalah karena shift Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) terlalu panjang yang menyebabkan kelelahan, sehingga pekerjaan sering berhenti lebih cepat dari waktu yang sudah dijadwalkan. Usulan perbaikan yang diberikan adalah dengan menerapkan pendekatan organisasional berupa membuat jadwal kerja alternatif untuk mengorganisir jadwal kerja yang sudah ada. Jadwal kerja alternatif ini berupa rotasi dalam regu, yang akan diawasi oleh pihak operasional pelabuhan