PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Main Author: | MESSIKH BALIN NAUFAL, 041411323051 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/58571/1/A.%2044-17%20Nau%20p%20abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/58571/2/A.%2044-17%20Nau%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/58571/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan jangka panjang perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran para pemegang saham. Memaksimalkan kemakmuran para pemegang saham dapat diperoleh dengan cara memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage pada nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2015. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga jumlah sampel yang diambil sebanyak 136 perusahaan. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan hanya dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yaitu, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan tetapi leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan