PENGARUH MASA PERIKATAN AUDIT, ROTASI KAP, UKURAN KAP, DAN UKURAN PERUSAHAAN KLIEN TERHADAP KUALITAS AUDIT PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2014

Main Author: TITIAN DIAANDISI, 041113427
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/58559/1/A.%2039-17%20Dia%20p%20abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/58559/2/A.%2039-17%20Dia%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/58559/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Kualitas audit merupakan representasi dari kinerja auditor sebagai pemberi jasa audit dan juga auditee sebagai pemakai jasa audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masa perikatan audit, rotasi KAP, ukuran KAP, dan ukuran perusahaan klien terhadap kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh masa perikatan audit, rotasi KAP, ukuran KAP, dan ukuran perusahaan klien terhadap kualitas audit menggunakan metode analisa regresi linier berganda. Penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh dari masa perikatan audit, rotasi KAP, dan ukuran KAP terhadap kualitas audit. Dari pengujian sampel yang dipilih, tidak ditemukan adanya perubahan nilai dari kualitas audit antara perusahaan yang memiliki masa perikatan audit satu sampai enam tahun maupun perusahaan yang melakukan beberapa rotasi KAP dengan perusahaan yang tidak melakukn rotasi KAP. Penelitian ini juga menemukan tidak ada perubahan nilai atas kualitas audit dari perusahaan yang menggunakan KAP big four maupun non big four. Penelitian ini menemukan pengaruh ukuran perusahaan klien terhadap kualitas audit. Perusahaan dengan ukuran lebih kecil memiliki pengaruh pada rendahnya nilai kulitas audit dan perusahaan yang lebih besar memiliki pengaruh pada tingginya nilai kualitas audit. Kata kunci : masa perikatan audit, rotasi KAP, ukuran perusahaan klien, ukuran KAP, kualitas audit.