MANAJEMEN STRATEGIK PENGUSAHAAN KOPI Study Kasus Pada PT Perkebunan XXIII (Persero)

Main Author: I WAYAN TANTRA, 049310144/ MM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 1996
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/57798/1/kk%20MM%2059.99%20Tan%20m.pdf
http://repository.unair.ac.id/57798/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Dari hasil analisis yang disampaikan pada Bab V dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : a. Terdapat tantangan yang semakin berat didalam pengelolaan bisnis kopi pada masa-masa yang akan datang. Hal ini disebabkan antara lain: -Upah tenaga kerja yang semakin meningkat karenapengusahaan kopi sangat intensip tenaga kerja. -Globalisasi pasar dunia dan pertumbuhan sektor pertanian yang lebih lambat dari sektor industri. -Dominasi pembeli, biji kopi didalam proses penentuan harga 'jual. -Masuknya pesaing baru yang mempunyai harga pokok relatif lebih rendah. b. walaupun tantangan nyang dihadapi Gukup besar masih terdapat peluang untuk mengelola usaha kopi secara menguntungkan. Hal ini dipengaruhi oleh : -Terbentuknya asosiasi baik ICO, ACPC, AEK! yang menjembatani dialog antara produsen dan konsumen. -Pengaturan BUMN yang relatif semakin longgar. -Kemajuan dibidang bioteknologi untuk menghasilkan bibit yang lebih baik dan biaya pengendalian hama yang lebih murah. -Citra perkebunan b~sar masih baik.