ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI PEMUTAR MUSIK ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN HEDONIC-MOTIVATION SYSTEM ADOPTION MODEL

Main Author: HENDRA HANGGAR KUSUMA, 081116036
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/56790/1/ST.SI%2041-16%20Kus%20a%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/56790/2/ST.SI%2041-16%20Kus%20a%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unair.ac.id/56790/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Aplikasi pemutar musik online merupakan salah satu teknologi yang mendukung untuk memutar musik secara online. Misalnya JOOX, Spotify, Soundcloud, Google Play Music, iTunes, 8Tracks dan lain sebagainya. Aplikasi ini termasuk dalam hedonic-motivation system (HMS) yang berfungsi untuk meningkatkan kesenangan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel dan indikator yang memiliki pengaruh terhadap analisa penerimaan penggunaan aplikasi pemutar musik online. Hedonic-motivation system adoption model (HMSAM) dipilih untuk analisis tersebut. Identifikasi variabel dan hipotesis dilakukan untuk kemudian dijadikan dasar dalam menyusun kuesioner dan indikator. Kuesioner yang telah dibuat disebarkan kepada pengguna aplikasi yang berjumlah 100 orang. Kuesioner yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan Partial Least Square (PLS) dengan melalui beberapa tahapan antara lain evaluasi model pengukuran, evaluasi model struktural, serta dilakukan uji goodness of fit (GoF). Analisa data digunakan untuk memberikan rekomendasi saran kepada developer aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan penggunaan aplikasi pemutar musik online adalah perceived ease of use, perceived usefulness, joy dan control. Rekomendasi dan saran yang diajukan untuk menganalisa kepuasan penggunaan aplikasi pemutar music online yaitu dengan melakukan maintenance secara berkala dan mengurangi batasan dalam penggunaan aplikasi pemutar musik online bagi pengguna yang tidak memiliki akun VIP.