ANALISIS PERBEDAAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MUSLIM DAN NON MUSLIM MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK

Main Author: SRI HANDARU WIDIASTUTI, 040318126
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/561/1/1.rtf%20-%20gdlhub-gdl-s1-2011-widiastuti-12327-srihand-w.pdf
http://repository.unair.ac.id/561/2/gdlhub-gdl-s1-2011-widiastuti-12327-srihand-w.pdf
http://repository.unair.ac.id/561/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Bank Syariah di Indonesia mulai mendapat perhatian masyarakat umum sejak didirikannya Bank Syariah pertama di Indonesia, yaitu bank Muamalat. Meskipun belum mendapat tanggapan yang cukup positif, namun seiring berjalannya waktu Bank Syariah mulai berkembang cukup pesat. Bank Syariah yang diidentikkan dengan Islam ternyata juga diminati oleh kalangan non-muslim. Banyak motif serta alasan yang melatarbelakangi keputusan nasabah untuk menabung pada Bank Syariah. Bertambahnya jumlah bank syariah baik umum maupun unit syariah serta pangsa pasar yang masih begitu luas di Indonesia menjadikan persaingan semakin ketat, baik antar bank syariah maupun dengan bank konvensional, untuk itu sebuah bank syariah harus menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satu poin penting yang harus diperhatikan adalah motivasi atau faktorfaktor yang menjadi alasan nasabah menabung di Bank Syariah. Perusahaan harus mengetahui apa motif serta alasan nasabah memilih bank syariah, agar dapat mengevaluasi strategi yang selama ini diterapkan. Perusahaan dapat mengetahui faktor apa saja yang berhasil menarik minat masyarakat untuk menabung pada bank syariah serta faktor apa saja yang kurang optimal. Sehingga, dari langkah tersebut perusahaan dapat mempertahankan nasabah agar tetap loyal pada bank syariah serta menarik minat masyarakat yang belum bergabung dengan bank syariah.Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi logit karena kemampuannya menguji probabilitas terjadinya variabel terikat dengan prediktor variabel bebas dan skala data kategorik (nominal), serta kemampuannya untuk membedakan serta merangking variabel-variabel bebas yang berpengaruh pada masing-masing variabel terikat. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan dalam mempengaruhi alasan nasabah muslim dan nonmuslim menabung di bank muamalat adalah : Sistem Bagi Hasil,Profit, Service Call Centre, Kecepatan Transaksi, Biaya Administrasi, Kemudahan Transaksi dan Saldo Minimum.