STRATEGI PRODUK PEMBIAYAAN UNIT USAHA SYARIAH BANK JATIM DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF
Main Author: | WAFA’ OKBAH, 041211433082 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/55717/1/FEB.EI.%20138-16%20Okb%20s%20abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/55717/2/FEB.EI.%20138-16%20Okb%20s.pdf http://repository.unair.ac.id/55717/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Strategi Produk Pembiayaan Unit Usaha Syariah Bank Jatim dalam Meingkatkan Keunggulan Kompetitif. ISI: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemlihan startegi produk pembiayaan Unit Usaha Syariah Bank Jatim dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik analisis pencocokan data. Hasil penelitian ini adalah dapat menggunakan empat strategi yang terdapat dalam analisis SWOT. Pertama, strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang, meliputi: Bank Jatim Syariah dapat memperbanyak nasabah dengan cara meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dengan menonjolkan kesyariatan Islamnya dan dengan meningkatkan pendanaan dana untuk progam pembiayaan linkage BPRS serta membangun situs. Kedua, strategi yang memanfaatkan peluang dengan mengurangi kelemahan, meliputi: memperkenalkan produk yang ada ke kelompok yang baru dan Bank Jatim Syariah harus meningkatkan iklan yang gencar. Ketiga, strategi mengggunakan kekuatan untuk menghadapi ancaman, meliputi: membentuk staff supporting group,mengevaluasi produk pembiayaan yang ada, menerapkan cara pelaksanaan yang lebih Islami dalam setiap aktivitas perbankan serta menambah kantor cabang baru. Dan keempat strategi yang memperkecil kelemahan untuk menghadapi ancaman, meliputi:Bank Jatim Syariah harus merubah mindset tidak hanya menggunakan pendekatan top-down saja tapi menggunakan pendekatan kombinasi, membuat produk pembiayaan baru yang lebih inovatif, mencari sumber dana baru dengan cara mengakuisisi bank lain, dan menerapkan teknologi secara optimal untuk menunjang seluruh produk pembiayaan. KATA KUNCI: Strategi Produk, Pembiayaan, Keunggulan Kompetitif, Bank Jatim Syariah.