EVALUASI PENGELOLAAN DAN RANCANGAN PERBAIKAN CASH CARD DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION V DENGAN PENDEKATAN DIAGRAM FISHBONE DAN ROOT CAUSE ANALYSIS
Main Author: | YUDI DHARMAWAN, 041414353044 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/55589/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/55589/2/TESIS%20YUDI%201.pdf http://repository.unair.ac.id/55589/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V dalam melaksanakan mekanisme pencatatan penggunaan dana di unit kerja menerapkan penggunaan cash card. Cash card merupakan layanan kartu debit perusahaan sebagai sarana transaksi petty cash yang dialokasikan secara terpusat. Penelitian ini menganalisis masalah dalam pengelolaan Cash Card dan memberikan usulan perbaikan untuk masalah yang ada di PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya melalui Diagram Fishbone dengan menggunakan kategori man, equipment, method, environtment, dan process, yang selanjutnya dilakukan Root Cause Analysis (RCA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksploratory. Penelitian ini menggunakan Single Case Study, dengan menggunakan wawancara, observasi dan melihat dokumen internal perusahaan. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa over budget penggunaan cash card di PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya terjadi saat adanya keterlambatan pertanggungjawaban penggunaan cash card. Dengan penggunaan cash card sangat membantu dalam kegiatan pembiayaan operasional berupa pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), clearance in/out. Dalam mempermudah penggunaan cash card juga perlu memperhatikan jangka waktu pertanggungjawaban penggunaan cash card sesuai TKO dimana tujuh hari kerja yang berujung pada pemblokiran kartu debit cash card. Kecepatan clearing dokumen setoran pengambilan cash card juga diharapkan membantu proses pertanggungjawaban oleh pengguna cash card.