CUSTOMER PROFITABILITY ANALYSIS DENGAN TIME-DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING: STUDI KASUS PADA JAYA GENTENG

Main Author: FARIDA ARIYANI, 041414253007
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/55433/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/55433/2/faridaAriyani_tesis_.pdf
http://repository.unair.ac.id/55433/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana customer profitability analysis (CPA) dengan TDABC dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing Jaya Genteng, sebuah agen bahan konstruksi di Surabaya. Jaya Genteng memiliki tiga kelompok pelanggan yaitu end user, kontraktor dan sesama agen. Penelitian dilakukan terhadap data transaksi tahun 2015. End user merupakan pelanggan terbanyak Jaya Genteng dan menghasilkan 47,62% dari total penjualan. TDABC digunakan untuk mengalokasi biaya pelayanan pelanggan yang tidak dapat dibebankan secara langsung ke pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing Jaya Genteng adalah menerapkan diferensiasi harga, pemberian cash back dan mengubah tampilan website agar lebih menarik.