PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENINGPADA SEKTOR MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2011-2013

Main Author: MOHAMMAD ARIF FURHAN, 041224253007
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/55238/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/55238/2/TESIS.MOHAMMAD%20ARIF.pdf
http://repository.unair.ac.id/55238/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Laporan keuangan, baik keuangan maupun non keuangan, merupakan sumber informasi bagi investor untuk menilai sebuah perusahaan. Banyak perusahaan menyediakan informasi yang menyesatkan untuk mengambil keuntungan dari kurangnya informasi yang dimiliki oleh investor. Manajemen laba adalah tindakan yang disengaja dari manajer untuk memanipulasi laporan keuangan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Pada saat ini, terutama di Eropa dan Amerika,, manajer mulai memanfaatkan laporan tanggung jawab sosial perusahaan untuk menutupi manajemen laba yang telah dilakukan. Penelitian ini ingin membuktikan, perusahaan di Indonesia melakukan seperti ini atau tidak. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013 manufaktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik manajemen laba berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, manajemen laba berpengaruh negatif pula terhadap laporan tanggung jawab sosial perusahaan, serta hasil negatif juga diperoleh antara laporan tanggung jawab sosial perusahaan dengan nilai perusahaan.