KEGIATAN ADMINISTRASI PADA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE FINANCE AND ADMINISTRATION DEPARTMENT PT ASTRA INTERNATIONAL, Tbk. – TSO WARU SURABAYA
Main Author: | ELSHA QHUSNUL ROMADHONA, 041310513052 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/55098/1/1.%20ABSTRAK%20FV%20MPK%2016-16%20Rom%20k.pdf http://repository.unair.ac.id/55098/2/2.%20FULLTEXT%20FV%20MPK%2016-16%20Rom%20k.pdf http://repository.unair.ac.id/55098/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Setelah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan di PT Astra International, Tbk. - TSO Waru, Surabaya selama tiga bulan pada Service Division maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Service Division merupakan salah satu bagian terkait yang berada di bawah Finance and Administration Department ini memiliki tugas untuk melayani servis pelanggan, mengelola transaksi dokumen servis pelanggan, melakukan penagihan servis kepada pelanggan dan pelaporan kegiatan administrasi. 2. Administrasi Bengkel atau Service merupakan rangkaian kegiatan dalam mengelola dokumen pelanggan secara tertib, rapi, hemat, berdaya guna dan berhasil guna mengelola administrasi service tersebut meliputi penerimaan data service dan pembiayaan service. 3. Kegiatan administrasi service ialah mengatur transaksi dokumen servis yang diperoleh dari adanya permintaan servis dari pelanggan, baik dilakukan di bengkel resmi maupun di tempat yang diminta oleh pelanggan. 4. Kegiatan sehari-hari administrasi servis adalah meng-input data servis pelanggan dari PKB (Perintah Kerja Bengkel) yang telah dibuat oleh SA (Service Advisor) untuk di billing dan menjadi kuitansi yang akan ditagihkan ke pelanggan bersama faktu pajak dan tanda serah terima dokumen (bila perusahaan yang dituju termasuk daftar PKS yang telah melakukan kerjasama dengan pihak bengkel). 5. Adapun pembuatan warranty claim yang disampaikan oleh pelanggan ke pihak dealer atas adanya jaminan oleh suatu perusahaan bahwa produk akan diperbaiki atau diganti oleh TOYOTA apabila komponen produk tersebut cacat atau rusak, bukan mengganti dengan kendaraan baru. 6. Untuk memperlancar kegiatan operasional sehari-hari, perusahaan juga mendapat bantuan dari vendor (pihak luar) yang telah dipilih oleh PT Astra International, Tbk.