Perilaku Penemuan Informasi pada Komunitas K-Pop “Ever Lasting Friends (ELF)” Surabaya

Main Author: Yeni Nur Taqwin, 071411623015
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/54977/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/54977/2/YENI%20NUR%20TAQWIN.pdf
http://repository.unair.ac.id/54977/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Budaya Korean Pop atau K-pop merupakan budaya musik asal Korea Selatan yang telak menarik kalangan muda-mudi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. KPop memiliki ciri khas musik yang memberikan kesenangan tersendiri bagi para penikmatnya. Kesenangan terhadap musik K-Pop memunculkan berbagai macam kelompok penggemar sebagai pendukung idola K-Pop yang biasa disebut dengan boyband atau girlband. Kelompok penggemar K-Pop memiliki kebiasaan berburu segala informasi mengenai idolanya serta memiliki intensitas keterlibatan intelektual yang dapat dilihat dari pengetahuan mengenai musik K-Pop dan keterlibatan emosional yang dapat dilihat dari ketertarikan di dalam jiwa. Keterlibatan kelompok penggemar K-Pop pada akhirnya akan mempengaruhi suatu dorongan kebutuhan informasi yang mengacu pada perilaku penemuan informasi terhadap kegemaran tersebut. Perilaku penemuan infromasi penggemar K-Pop merupakan perilaku penemuan informasi pada kehidupan sehari-hari yang dapat ditinjau berdasarkan cara hidup (way of life) dan penguasaan hidup (masetry of life). Cara hidup menggambarkan alasan yang melatarbelakangi penemuan informasi yang dipengaruhi oleh ukuran waktu, model konsumsi dan hobi. Sedangkan penguasaan hidup menggambarkan tindakan dari pemecahan masalah yang dihadapi berdasarkan tipologi optimis-kognitif, pesimis-kognitif, defensif afektif dan pesimis-afektif. Penelitian ini dilakukan pada komunitas Ever Lasting Friends (ELF) dengan tujuan untuk mengetahui modal utama yang dimiliki komunitas ELF Surabaya dalam menemukan informasi, faktor yang melatarbelakangi komunitas ELF Surabaya dalam menemukan informasi, sumber informasi yang digunakan dan dan perilaku komunitas ELF Surabaya dalam menemukan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang bermaksud menggambarkan tentang perilaku penemuan informasi pada komunitas ELF Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik teknik purposive sampling (pengambilan sampel bertujuan) yang didasarkan pada karakteristik yang telah disyaratkan oleh peneliti yaitu komunitas ELF Surabaya yang terdaftar sebagai anggota dan memiliki ID Card serta anggota yang bergabung dalam komunitas ELF Surabaya melalui facebook maupun twitter, sehingga data yang dibutuhkan dapat terpenuhi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.