PERAN E-BANKING DALAM LAYANAN ATM PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR

Main Author: ZAHRAWANI, 041310413029
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/54905/1/1.%20ABSTRAK%20FV%20PBK%2053-16%20Zah%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/54905/2/2.%20FULLTEXT%20FV%20PBK%2053-16%20Zah%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/54905/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil penilitian yang ditulis oleh penulis, dapat disimpulkan melalui poin-poin berikut: 1. Berdasarkan penilitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengetahui bahwa layanan pada ATM di Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur adalah salah satu yang menguntungkan bagi Bank karena dari layanan tersebut Bank Jatim mendapatkan fee based income. Layanan ini salah satu dari layanan E-banking yang terdapat di Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur. Melalui layanan tersebut, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi transfer, pembayaran dan pembelian. 2. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengetahui bahwa peran unit E-Banking disini dibagi menjadi 3, yaitu: pemesanan kartu dan PIN ATM, melakukan rekonsiliasi dan penanganan complain nasabah terhadapat kesalahan transaksi. Pemesanan seluruh jenis kartu dan PIN ATM di Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur berpusat pada Kantor Pusat Bank Jatim. Rekonsiliasi dilakukan setiap hari, 1 hari setelah transaksi yang dilakukan nasabah melalui vendor-vendor yang ada. Penanganan complain nasabah yang gagal melalukan transaksi baik menarik uang di ATM atau transfer, melalui jaringan Artajasa dan PT. Rintis. 3. Berdasarkan grafik kenaikan persebaran kartu ATM Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, penulis dapat mengetahui bahwa peningkatan persebaran kartu ATM setiap bulan relative 1,01% sejak awal tahun 2015. Hal ini disebabkan oleh sudah banyaknya jumlah pengguna kartu ATM Bank Jatim. Dan Bank Jatim merupkan Bank Pembangunan Daerah, sehingga penggunanya terbatas, yaitu warga Jawa Timur. 4. Berdasarkan data yang diolah oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa banyak pengguna provider Tsel yang menggunakan layanan EBanking dalam melakukan pembelian Top Up pulsa. Baik melalui ATM, BankJatim SMS Banking maupun BankJatim Internet Banking. Salah satu fasilitas tersebut dapat diketahui bahwa setiap bulan Bank Jatim mendapat fee based income. Hal ini diketahui karena adanya rekonsiliasi yang dilakukan