HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE MMORPG (Massively Multiplayer Role-Playing Games) DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA PEMAIN GAME ONLINE

Main Author: AULYA RACHMI RAMADHANI, 111211132004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/53129/1/Psi.148-16%20Ram%20h%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/53129/2/Psi.148-16%20Ram%20h.pdf
http://repository.unair.ac.id/53129/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari fenomena kecanduan bermain game online pada anak remaja. Sedangkan pada masa remaja sangat penting untuk pembentukan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online MMORPG (Massively Multiplayer Role-Playing Games) dengan konsep diri pada remaja pemain game online. Penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan alat ukur dan teori yang dikembangkan oleh Fitss (1971) untuk mengukur variabel konsep diri dengan Tennesse Self Concept (TSCS). Pada kecanduan game online, penulis menggunakan teori dan alat ukur yang dikembangkan oleh Lemmens (2009) dan Griffiths (2005). Skala kecanduan game online menunjukkan reliabilitas sebesar 0,911 dan konsep diri sebesar 0,950. Hasil analisa penelitian, diperoleh korelasi hasil sebesar -0,602. Berarti hubungan antar variabel mempunyai arah yang negatif signifikan, semakin tinggi kecanduan game online maka semakin rendah konsep diri yang dimiliki. Kata Kunci: Kecanduan game online, Konsep diri, Remaja, MMORPG