HUBUNGAN PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN BODY IMAGE PADA MAHASISWI YANG MENGIKUTI AKUN INSTAGRAM ARTIS DAN INSTAGRAM KECANTIKAN

Main Author: ADINDA GALIH PUTRI LARASATI, 111211131020
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/53101/1/Psi.144-16%20Lar%20h%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/53101/3/Psi.144-16%20Lar%20h.pdf
http://repository.unair.ac.id/53101/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Selebriti merupakan salah satu individu yang didapatkan perhatian tersendiri oleh publik. Mereka dapat ditemukan diberbagai media, seperti majalah, televisi, hingga facebook dan instagram. Para selebriti tersebut dapat menggambarkan kepada masyarakat tentang bagaimana perempuan cantik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara penggunaan Instagram dan body image pada mahasiswi yang aktif mengikuti akun instagram artis dan kecantikan. Penggunaan Instagram penggunaan dapat dilihat dari tiga hal, yaitu jumlah waktu (frekuensi, intensitas, durasi), jenis isi media, dan hubungan antar individu dengan media tersebut. Body image merupakan sikap yang dimiliki individu terhadap tubuhnya yang dapat berupa penilaian positif dan negatif. Pembentukan body image dapat berasal dari hubungan timbal balik antara peristiwa di lingkungan sekitar, kognitif, afektif, serta proses fisik dan perilaku individu tersebut. Penelitian dilakukan pada mahasiswi yang ada di Universitas Airlangga Surabaya dengan jumlah subjek yang diperoleh adalah sebanyak 67 orang. Variabel intensitas penggunaan Instagram diukur dengan menggunakan alat ukur adaptasi Facebook Intensity Scale yang dikembangkan oleh Ellison, dkk (2007), sedangkan untuk variabel body image diukur dengan menggunakan alat ukur Multidimensional Body Self Relation Questionnaire – Appereance Scale (MBSRQ-AS) yang dikembangkan oleh Cash (2002). Reliabilitas alat ukur dalam penelitian ini didapatkan melalui Alpha Cronbach’s dan dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 for windows. Berdasarkan dari hasil analisis data, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,673 untuk variabel intensitas penggunaan Instagram dan 0,895 untuk variabel body image. Berdasarkan hasil uji korelasi menggunakan Spearman’s Rho, diperoleh koefisien korelasi pada dimensi Instagram attitude 0,158 (p=0,203). Untuk dimensi Instagram friend dan body image, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,385 (p=0,001). Dan untuk dimensi Instagram time dan body image, hasil koefisiensi yang diperoleh sebesar -0,242 (p=0,049). Hasil ini dapat menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara Instagram attitudes dengan body image, dan terhadap hubungan antara Instagram friend dan time terhadap body image pada mahasiswi. Kata Kunci: Penggunaan Instagram, body image, mahasiswi