Hubungan antara Self Efficacy dengan Keterlibatan Orangtua pada Orangtua yang Memiliki Remaja Bermasalah di Sekolah

Main Author: DILA HANDA PRANINGTYAS, 111211133073
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/53063/1/Psi.143-16%20Pra%20h%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/53063/2/Psi.143-16%20Pra%20h.pdf
http://repository.unair.ac.id/53063/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan keterlibatan orangtua pada remaja yang memiliki masalah perilaku di sekolah. Subjek pada penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak SMP dan memiliki masalah perilaku di sekolah dengan jumlah subjek sebanyak 63. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang berupa kuesioner dengan skala self efficacy yang terdiri dari 14 aitem yang disusun oleh peneliti sendiri dengan mengacu pada teori Bandura (1997) dan skala keterlibatan orangtua sebanyak 26 aitem yang juga disusun oleh peneliti sendiri yang mengacu pada teori Hoover-Dempsey & Sandler (1997). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling (purposive sampling). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik product moment Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS versi 20. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara self efficacy dengan keterlibatan orangtua sebesar 0,535 dengan nilai p sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara self efficacy dengan keterlibatan orangtua pada remaja yang memiliki masalah perilaku di sekolah. kata kunci: self efficacy, keterlibatan orangtua, remaja, bermasalah di sekolah