ANALISIS PENILAIAN PELANGGAN TELKOMNET@HOME TERHADAP FAKTOR·FAKTOR SITUASIONAL YANG MEMPENGARUHI MEREKA DALAM PENGAMBlLAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI E-COMMERCE

Main Author: ASEP SUPRIYATNO, 049946675
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2003
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/52906/1/B%2003-04%20Sup%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/52906/
http:/lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Secara teoritis, kemudahan akses maupun pengetahuan tentang produk akan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Park et al. (1989) menyatakan bahwa pengetahuan konsumen tentang produk, tempat, dan waktu ya~ tersedia untuk berbelanja berpengaruh terhadap tingkat pembelian yang direncanakan dan pula menyebabkan teIjadinya perpindahan merek karena ada kemungkinan konsumen mencari barang yang disenangi. Assael (1995) dan Engel et al. (1995) mengemukan pembagian faktor-faktor situasional yang mempengaruhi keputusan beli oleh konsumen antara lain : situasi komunikasi, situasi pembelian, situasi penggunaan. Studi diatas menggunakan respoden dari kosumen yang melakukan keputusan pembelian atas produk yang belum memanfaatkan teknologi internet atau ecommerce, atau dapat dikatakan dengan pasar konvensional. Dengan melihat kondisi tersebut, penelitian 1m mencoba menganalisis penilaian pelanggan TeIkomNet@Home terhadap faktor-faktor situasional yang meliputi situasi komunikasi, situasi pembelian, situasi penggunaan yang mempengaruhi mereka dalam pengambilan keputusan pembelian produk melalui e-commerce. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan merupakan faktor-faktor situasional yang meliputi : situasi komunikasi, situasi pembelian, dan situasi penggunaan. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini beIjumlah 100 orang dati populasi pelangan TeIkomNet@Home dengan sampel responden berusia di atas 15 tahun yang sudah pernah menggunakan jasa internet baik, itu surfing. browsing. chatting. Teknik pengambilan sampel adalah non random sampling. Dengan menggunakan tehnik pearson product moment dan tehnik cronbach's alpha maka penelitian ini telah memenuhi syarat validititas dan reliabilitas. Pengukuran atau penilaian variabel dialakukan dengan menggunakan interval kelas. Berdasarkan hasH analisis diperoleh hasH mean masing-masing variabel sebesar : situasi komunikasi : 3,8925, situasi pembelian : 3,856, situasi penggunaan : 3,67. Nilai rata-rata tersebut terletak pada interval antara 3,4 -< 4,2: kategori setuju. Hal ini mengindikasikan bahwa para pelanggan TelkomNet@Home mempunyai penilaian yang sarna yaitu setuju bahwa situasi komunikasi, situasi penggunaan dan situasi pembelian mempunyai pengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian produk yang ditawarkan melalui e-commerce.