PENGARUH PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN MEDIASI JOB SATISFATION DAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA GURU YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) SURABAYA
Main Author: | MISBAHUN NADHIRIN, 041211231047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/52737/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/52737/2/B.%20252-16%20Nad%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/52737/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan kebutuhan utama manusia dalam menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Pendidikan tentunya tidak lepas dari peran pendidik yakni guru. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Namun kenyataannya, 23% guru di Indonesia yang malas mengajar. Guru seharusnya dituntut untuk lebih berperan ekstra karena pekerjaannya berhubungan dengan masa depan dan prestasi muridnya sehingga tanggung jawabnya sangat besar. Peran ekstra (OCB) dipengaruhi oleh psycholoical empowerment baik secara langsung ataupun melalui mediasi job satisfaction dan organizational commitment. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden sebanyak 36 guru YPAC. Hasilnya, psychological empowerment berpengaruh signifikan terhadap OCB secara langsung dan melalui mediasi job satisfaction dan organizational commitment.