PENGARUH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: SANDRA PARAMITHA CITRA BAMANDA, 041211331095
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/52651/1/A.296-16%20Bam%20p%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/52651/2/A.296-16%20Bam%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/52651/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Right issue merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh emiten untuk memperoleh dana dari pasar modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi pasar terhadap pengumuman right issue dan nilai issue price di pasar modal Indonesia. Sampel terdiri dari 65 perusahaan perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan melakukan telah right issue dalam kurun waktu 5 tahun, yakni tahun 2010 sampai dengan 2014. Dalam penelitian ini, reaksi pasar diukur dengan menggunakan proksi abnormal return. Untuk menguji pengaruh right issue dan issue price terhadap abnormal return, peneliti menggunakan uji statistik t. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return antara sebelum dan sesudah right issue, yang berarti bahwa right issue tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi pasar. Tidak adanya perbedaan abnormal return pada saat pengumuman disampaikan kepada publik disebabkan kemungkinan adanya asimetri informasi yang diterima pelaku pasar atau ada informasi lain yang dianggap lebih penting daripada pengumuman right issue. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengumuman right issue belum merupakan kabar baik bagi investor, karena tidak terdapat kandungan informasi yang cukup bagi investor untuk mengambil keputusan investasi. Sedangkan untuk variabel issue price ditemukan bahwa issue price berpengaruh positif signifikan terhadap abnormal return. Kata kunci: abnormal return, issue price, reaksi pasar, right issue