PERKEMBANGAN BARU INDUSTRI TRANSPORTASI UDARA STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN CUSTOMER RELATION OFFICER (CRO) DI LION AlRLINES BERKAITAN DENGAN MASALAH PELAYANAN
Main Author: | ADI MURACHMAN, 070010633-S |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2004
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/52540/1/Fis%20PW%2006-05%20Mur%20P.pdf http://repository.unair.ac.id/52540/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini berawal dari persaingan dalam industri transportasi udara yang mana banyak maskapai penerbangan rarnai-rarnai rnenurunkan harga untuk menarik konsurnen, namun yang perlu diperhatikan juga adalah bagaimana dengan pelayanan yang konsumen dapatkan ketika mereka menggunakan jasa dari masing-masing. Dalarn hal ini secara rarnai-rarnai memberikan potongan harga kepada konsumen dengan rnaksud untuk rnenjaring konsurnen sebanyak rnungkin. Hal inilah yang rnendorong penulis untuk mencoba rnengungkapkan perrnasalah yang terjadi dalam dunia industri penerbangan terutarna dalarn bidang pelayanan yang diberikan kepada konsumen karena konsurnen adalah raja. Dalam penelitian ini penulis rnenjurnpai perrnasalahan yaitu tentang bagairnanakah peranan Customer Relation Officer di Lion Air berkaitan dengan rnasalah pelayanan. Dengan rnelakukan penelitian ini diharapkan penulis dapat rnernberikan gambaran yang jelas kepada rnasyarakat urnurn rnengenai Customer Relation Officer yang tak lain adalah divisi baru di Lion Air yang mernpunyai tugas khusus untuk rnemberikan pelayanan kepada konsumen berkaitan dengan adanya persaingan antar airlines karena dengan rnemberikan pelayanan yang memuaskan tentu konsumen akan berfikir untuk terus rnenggunakan jasa dari Lion Air. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif dan dengan tipe penelitian secara deskriptif Lokasi penelitian yaitu di Bandara Juanda karena Bandara Juanda rnerupakan terminal penurnpang urnurn yang rnenggunakan jasa transportasi udara. Pengurnpulan data yang rnenyangkut perrnasalahan ini dilaksanakan dengan wawancara tidak berstruktur, observasi yang tidak partisipan dan dokumentasi. Dari data yang dikurnpulkan kemudian disusun dan dianalisa. Dari penelitian ini diperoleh kesirnpulan bahwa dengan adanya Customer Relation Officer di Lion Airlines dapat mernbantu atau dapat juga sebagai senjata untuk rnenarik konsurnen sebagaimana yang terjadi saat ini yaitu persaingan dalarn industri transportasi udara.