PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG HOTEL SAHID SURABAYA
Main Author: | RIZKY ARNOLDI BRILIANTA, 049912674 E |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/51274/1/kk%20B%20310.05%20Bri%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/51274/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Relationship marketing adalah suatu strategi untuk membangun hubungan jangka panjang antara pelanggan dengan perusahaan secara terus-menerus. Sehingga tercipta hubungan yang lebih dari hubungan antara penjual dan pembeli yang hanya berorientasi pada proses transaksi, namun disini penjual dan pembeli adalah partner yang saling menguntungkan sehingga orientasinya adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, karena pelanggan adalah aset yang sangat berharga , dan jika pelanggan tersebut dilayani dengan baik maka akan memberikan suatu keuntungan bagi perusahaan. Pendekatan Relationship marketing menurut Barry dan Parasuraman ( 1991:136) dengan menerapkan tiga level dari Relationship marketing dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Yaitu dengan ikatan keuangan (financial bond). Ikatan sosial (sosial bond), dan ikatan struktural (structural bond). Loyalitas menurut griffin (1995:31) adalah pelanggan yang melakukan pembelian secara berulang-ulang pada perusahaan yang sama, memberitahukan kepada orang lain kepuasan-kepuasan yang didapat dari perusahaan , dan menunjukkan kekebalan terhadap tawaran dari perusahaan pesaing.