PEMBERDAYAAN LAPORAN KINERJA UNTUK ANALISIS STRATEGIK PERUSAHAAN Studi Kasus Pada PT. "X"

Main Author: ADITYA NUGRAHA, 049615176
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2001
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/50725/1/KK%20A%20251-01%20Nug%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/50725/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Untuk dapat mengembangkan dan mempertahankan keunggulan kompetitif, perusahaan perlu melakukan analisis strategik. Dalam penelitian ini dilakukan analisis strategik terhadap PT "X" berkaitan dengan strategi bersaing yang digunakan PT "X" dan untuk mengetahui bagaimana balanced scorecard mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal dan mengenali peluang dan ancaman dari Iuar ke dalam empat perspektif dan membantu analisis strategik. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah (i) menyediakan rerangka analisis untuk dapat melakukan analisis strategik terhadap perusahaan, dan (ii) menyusun rerangka balanced scorecard yang dapat digunakan untuk mengukur kineIja perusahaan berdasarkan atas strategi yang diterapkan perusahaan. Penulis menggunakan pendekatan studi kasus pada penelitian yang bersifat kualitatif ini. Pendekatan ini · dipilih untuk mendapatkan suatu gambaran nyata rnengenai penerapan konsep teoritis dalam kondisi Iapangan. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, penulis melakukan wawancara terhadap pihak manajemen perusahaan dan pendokumentasian terhadap data-data yang diperoleh. Setelah seluruh data yang terkumpul diolah, dilakukan konfirmasi kepada perusahaan agar hasil yang didapat benar-benar mencerminkan kondisi riil perusahaan. Berdasarkan hasil analisis, penerapan strategi diferensiasi harus diikuti dengan pengidentifikasian posisi strategik perusahaan pada saat ini. Dengan demikian, penerapan strategi tersebut akan lebih efektif bila posisi strategik perusahaan sesuai dengan strategi yang dipilih .. Penelitian ini juga menemukan, untuk dapat digunakan sebagai alat identifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan, indikator kineIja perusahaan harns merupakan suatu indikator standar dalam industri dan mempunyai kisaran standar pula sebingga dapat dilakukan perbandingan antara kineIja riil dengan kineIja standar untuk dapat mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan. Pengungkapan indikator kineIja beserta faktor lingkungan yang turut mempengarnhi kineIja perusahaan dalam laporan kineIj<l: akan membantu untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh terhadap kondisi kineIja perusahaan dan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam perencanaan strategik perusahaan.