HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN NERS ANGKATAN 2011 DAN 2012 FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

Main Author: AMALIYA BUKHORI, 131111102
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/49547/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/49547/2/FKP.%20N.%20179-16%20Buk%20h.pdf
http://repository.unair.ac.id/49547/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pendahuluan: Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keefektifan kegiatan belajar siswa.Hasilbelajarjugamerupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Tingkat motivasi seseorang sangat berbeda dan hasil belajar seseorang juga berbeda. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian diskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional menggunakan kuisioner motivasi. Sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sebanyak 47 mahasiswa angkatan 2011 dan 53 mahasiswa angkatan 2012 yang diambil dengan teknik startified proportionate random sampling. Data terkumpul dengan kuisioner dan data IPK dan di uji dengan spearmen rhodengan derajat signifikansi p<0,05. Hasil: Hasil penelitian ini ada hubungan motivasi belajar dengan hasil mahasiswa dengan angkatan 2011 dan 2012 p=0,000 dan r=0,388. Motivasi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Tinggi rendahnya motivasi belajar seseorang dapat mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan dari hasil masukan pribadi berupa motivasi dan harapan untuk berhasil dan masukan dari lingkungan berupa rancangan dan pengelolaan motivasional tidak berpengaruh terdadap besarnya usaha yang dicurahkan oleh siswa untuk mencapai tujuan. Diskusi: Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa. Hasil tersebut dapat direkomendasikan pada pihak akademik, dosen dan dosen pembimbing untuk menambah motivasi mahasiswa dalam belajar.