KEKUATAN MENGIKAT INFOMERCIAL SEBAGAI SUATU BENTUK PENAWARAN KEPADA KONSUMEN (STUDI KASUS IKLAN TV SHOPPING)

Main Author: RENY NURHIDANA, 039614349
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2000
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/48411/1/KK%20Per%2030-00.Nur%20k.pdf
http://repository.unair.ac.id/48411/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Infomercial merupakan salah satu bentuk penawaran jika memuat unsur esensial perjanjian jual beli, yaitu harga dan barang, sehingga iklan tersebut -~ dianggap bagian dari perjanjian (menyatu dengan perjanjian). Sejak terjadinya akseptasi dari konsurnen, maka sejak saat itulah lahir kesepakatan yang menimbulkan perjanjian diantara keduanya. Dengan adanya perjanjian tersebut, kedua pihak saling tcrikat untuk melaksanakan isi dari perjanjiannya termasuk juga apa yang ditegaskan dalam iklannya dengan penuh itikad baik. Para pihak tidak hanya terikat pada isi dari petjanjian tapi juga terikat pada kebiasaan, kepatutan, aturan-aturan hukum pelengkap dan syarat-syarat/janji yang biasa diperjanjikan walaupun mereka tidak menuangkannya da]am perj anj ian. Namun, kendala yang muncul adalah adanya belum adanya perundang-undangan yang mengatur tentang status hukum iklan sehingga mengakibatkan timbulnya perbedaan pendapat mengenai status hukum iklan.