EXPLORATORY STUDt TENTANG SEGMENTASI PASAR ROKOK SAMPOERNA A MILD DtSURABAYA

Main Author: SUPRIYANTO DWI RAHARJO, 049711396 E
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2004
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/48002/1/kk%20B%20130.04%20Rah%20e.pdf
http://repository.unair.ac.id/48002/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • PT. HM Sampoerna telah terkenal dengan produk-produk rokok yang memiliki segmen-segmen tersendiri. Segmentasi pasar digunakan untuk memilih pasar sasaran, mencari peluang. merumuskanpesan-pesan komunikasi, dan lain sebagainya. Sampoerna a Mild merupakan produk rokok yang diposisikan sebagai rokok putih. Hal tersebut ditunjukkan oleh komposisi Sampoerna a Mild yang mengandung tar rendah. Ditengah persaingan antar produk rokok putih yang tajam serta peluang pasar yang masih luas, diperlukan segmen-segmen pasar untuk menempatkan posisi produk.Tujuan dilakukan penelitian ini b adalah untuk mengetahui segmentasi pasar produk rokok Sampoerna A Mild dan untuk mengetahui atribut-atribut yang digunakan oleh konsumen dalam memilih produk rokok Sampoerna A Mild. Peneliti menggunakan focus group untuk memperoleh variabel utama yang akan dikembangkan melalui pertanyaanb-pertanyaan dalam kuesioner. Alat uji yang digunakan adal analisis faktor eksploratori untuk mereduksi dan mengelompokkan data dan analisis cluster untuk membentuk segmen-segmen.