PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA SISWA SMA “X” DI SURABAYA
Main Author: | ELISABETH PRIHANDRIJANI, 111414253021 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/46847/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/46847/2/Elisabeth%20Prihandrijani%20-%20111414253021.pdf http://repository.unair.ac.id/46847/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa SMA”X” di Surabaya. Flow akademik ialah keadaan siswa yang dapat berkonsentrasi penuh, memiliki motivasi diri, dan merasa nyaman ketika melakukan kegiatan akademik sehingga individu dapat terlibat secara penuh dan melakukan aktivitas akademiknya secara optimal. Flow akademik dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain motivasi dan dukungan sosial dari orang tua, guru maupun teman sebaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 196 siswa SMA “X” di Surabaya. Metode pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner motivasi berprestasi, dukungan sosial dan flow akademik. Skala motivasi berprestasi dibuat oleh peneliti dengan mengacu pada teori Motivasi Berprestasi yang dikemukakan oleh McClelland (1987). Skala ini berisi 23 aitem dengan 5 indikator. Skala dukungan sosial dibuat oleh peneliti berdasarkan konsep dukungan sosial yang dikemukakan oleh Sarafino (1998). Skala ini berisi 37 aitem dengan 4 indikator. Skala flow akademik diukur menggunakan alat ukur The Flow Inventory for Student yang dikembangkan oleh Yuwanto (2011) berdasarkan teori flow yang dikemukakan oleh Csikszentmihalyi (1990). Skala ini menggunakan 3 indikator. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan program SPSS for windows versi 20. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh Fhitung sebesar 38,425 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi berprestasi dan dukungan sosial secara signifikan berpengaruh terhadap variabel flow akademik pada siswa SMA “X” di Surabaya. Model persamaan linear berganda adalah sebagai berikut: Y = 3,089 + 0,258X1 + 0,049 X2 Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,285 menunjukkan secara simultan variabel motivasi berprestasi dan dukungan sosial dapat menjelaskan variabel flow akademik sebesar 28,5%.