PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI TASK AVERSIVENESS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI X DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Main Author: RENI TENSIA PANGESTU, 111211131004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/46814/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/46814/2/PSI.107-16%20Pan%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/46814/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari task aversiveness pada mahasiswa program studi X Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Prokrastinasi akademik adalah penundaan yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berhubungan dengan tugas akademik (Ferrari, dkk., 1995), sedangkan task aversiveness adalah ketidaksenangan terhadap tugas (Blunt & Phycyl, 2000). Penelitian ini dilakukan pada 86 mahasiswa aktif angkatan 2008-2010 di program studi X Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner prokrastinasi akademik yang disusun oleh Hargiyanto (2012) berdasarkan teori Ferrari, dkk. (1995) sebanyak 31 aitem dengan reliabilitas 0,918. Adapun kuesioner task aversiveness disusun oleh penulis berdasarkan teori dari Blunt dan Phycyl (2000) sejumlah 33 aitem dengan reliabilitas 0,924. Kedua kuesioner tersebut menggunakan validitas isi. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online. Analisis data yang digunakan adalah one way analysis of variance atau ANOVA dengan bantuan program statistik SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh hasil uji perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari task aversiveness dengan nilai F sebesar 70,363 dan signifikan (p) sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari task aversiveness pada mahasiswa program studi X Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Hasil dari post hoc test juga menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik pada semua kategori task aversiveness memiliki perbedaan yang signifikan, hanya prokrastinasi akademik pada kategori task aversiveness sangat tinggi yang tidak berbeda secara signifikan dengan prokrastinasi akademik pada kategori task aversiveness tinggi, begitu juga sebaliknya.