Hubungan antara Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulation Learning pada Siswa Kurikulum 2013

Main Author: Puryanti, 111211133002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/46677/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/46677/2/PSI.98-16%20Pur%20h.pdf
http://repository.unair.ac.id/46677/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dengan self regulation learning pada siswa Kurikulum 2013. Dukungan sosial yang dimaksud adalah dukungan sosial yang bersumber dari guru. Selanjutnya akan diteliti lebih lanjut apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dengan self regulation learning. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat SLTA di Indonesia yang sedang menjalani Kurikulum 2013. Pengambilan data dilakukan secara online dengan jumlah subjek 153 siswa. Alat pengumpul data berupa kuisioner skala dukungan sosial yang terdiri dari 25 item dengan reliabilitas sebesar 0,918 dan skala self regulation learning yang terdiri dari 50 item dengan reliabilitas sebesar sebesar 0,937. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic Produc Moment dengan bantuan SPSS versi 16 for Window. Dari hasil analisis data didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,564 dengan taraf siginifikasi atau nilai p sebesar 0,000 (p<0,001). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial guru dengan self regulation learning pada siswa Kurikulum 2013. Semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan oleh guru, maka semakin tinggi pula self regulation learning pada siswa Kurikulum 2013.