EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MEDIA BANGKU PERTEMANAN UNTUK MENINGKATKAN EMPATI ANAK
Main Author: | NUR DINY ABADIAH, 111211131028 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/46622/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/46622/2/PSI.85-16%20Aba%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/46622/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses belajar keterampilan sosial melalui media bangku pertemanan untuk meningkatkan empati anak. Definisi keterampilan sosial di dalam penelitian ini menggunakan teori keterampilan sosial Spence (2003), sedangkan definisi empati di dalam penelitian ini menggunakan teori empati Zoll dan Enz (2010). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode eksperimental laboratorium. Subjek di dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 9-11 tahun dan mendapatkan skor empati rendah dan sedang. Penilaian empati dilakukan dengan menggunakan skala Empati Zoll dan Enz (2010) yang telah diadaptasi oleh Ahyani dan Latifah (2013) dengan modifikasi penulis. Teknik analisis data menggunakan metode paired sample T-Test dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar keterampilan sosial melalui media bangku pertemanan efektif dalam meningkatkan empati anak. Hal ini disebabkan karena didalam prosesnya terjadi dinamika empati dimana anak mulai belajar merasakan dan memahami kesedihan, kesulitan, serta keinginan yang dirasakan oleh teman sebayanya.