PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE INVENTORY TERHADAP EMPLOYEE CREATIVITY DI RUBRIK ZETIZEN PT JAWA POS KORAN
Main Author: | ALIF ROBATH SAFIU SURUR, 111211132022 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/46620/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/46620/2/PSI.83-16%20Sur%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/46620/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Tipe Kepribadian Big Five Inventory terhadap Employee Creativity di Rubrik Zetizen PT Jawa Pos Koran. Definisi Tipe Kepribadian Big Five Inventory dalam penelitian ini berdasarkan pada penjelasan McCrae & Costa (2003), sedangkan definisi Employee Creativity berdasarkan Zhou & George (2001). Penelitian ini dilakukan pada karyawan Rubrik Zetizen PT Jawa Pos Koran dengan menggunakan subjek sebanyak 60 orang. Data diperoleh menggunakan metode kuesioner translasi alat ukur Big Five Inventory oleh John & Srivastava (1999) yang terdiri dari 44 aitem, sedangkan alat ukur Employee Creativity oleh Zhou & George (2001) yang terdiri dari 13 aitem. Teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tipe kepribadian Big Five Inventory terhadap Employee Creativity di Rubrik Zetizen PT Jawa Pos Koran. Terdapat tiga trait yang dapat digunakan secara simultan sebagai prediktor employee creativity, antara lain extraversion, conscientiousness, dan openness. Sedangkan dua trait lain yaitu agreeableness dan neuroticism tidak dapat digunakan sebagai prediktor employee creativity karena keduanya tidak memiliki pengaruh yang signifikan.