PENGARUH KUALITAS PRODUK YANG DIRASAKAN KONSUMEN TERHADAP KEMUNGKINAN PEMBELIAN KEMBALI CELANA JEANS MERK LEVI'S TIPE 501 DI SURABAYA
Main Author: | FAHRIAL HAMDI ALFIAN, 049514997 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2002
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/46329/1/B%2059-03%20ALF%20P.pdf http://repository.unair.ac.id/46329/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini meneliti pengaruh kualitas produk yang dirasakan kQnslImen terhadap kemungkinan pembeJian kembali celanaieans merk Levi's tipe 501 di Surabaya. Konsumen yang diteliti adalah konsumen yang pemah membeli celana jeans merk Levi's tipe 501. Penelitian ini dilakukan mengingat pentinngnya mempenanankan konsumen yang telah ada karena mencari konsumen baru memerlukan biaya yang lebih besar daripada mempertahabankan konswnen yang sudab ada (Kotler, 1994: 256) dan menjaganya agar tidak berpindah ke produsen lain sebagai akibat daD ketidakpuasan pada kualitas produk yang tidak sesuai dengan harapan atau standar ideal konsumen. Vanabel yang digunakan adalah variabel kualitas produk yaitu prod uk, harga, nama merk, dan tingkatan promosi.(Zeithaml, 1988: 6). Konsumen diminta memberikan pendapat mereka tentang persepsi kualitas prod uk celana jeans merk Levi's tipe 501 dibandingkan dengan celana jeans yang ideal atau sempurna menurut sudut pandang konswnen. Jika persepsi konsumen tentang kualitas celana jeans Levi's tipe 501 semakin mendekati produk ideal atau sel11puma, maka dapat dikatakan bahwa kualitas yang dirasakan akan semakin tinggi, dan sebaliknya jika persepsi konswnen tentang kualilas celana jeans Levi's tipe 501 semakin jauh dari produk ideal atau sempurna, maka kualitas yang dirasakan juga akan semakin rendah. Model analisa yang digunakan diadaptasi dari dari Evaluated Performance (EP) framework formulation yang dikemukakan oleh Teas ( 1993: 22). Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan babwa kualitas produk yang diteliti berpengaruh secara signifikan baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Hal ini dapat diketahni dari hasil uji F yang menunjukkan nilai F hit ling yang lebih besar yaitu 89,393, dari nilai F tabel yang hanya sebesar 2,47. Hasil penelitian menutliukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh terbesar adalah vanabel produk disusul variabel nama merk, kemudian variabel harga, dan terakhir variabel tingkatan promosi. Hasil penelitian juga menunjukkan kemungkinan yang cukup tinggi bagi konsumen untuk melakukan pembelian kembali celanajeans merk Levi's tipe 501 di masa yang akan datang.