Pengaruh Durasi Aerobic Exercise dan Frekuensi Aerobic Exercise pada Psychological Wellbeing pada Mahasiswa dengan Beban Akademik Tinggi

Main Author: Gazhella Stefy Pertiwi, 111211132053
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/46229/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/46229/2/PSI.65-16%20Per%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/46229/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pergaruh durasi aerobic exercise dan frekuensi aerobic exercise pada psychologicalwellbeing pada mahasiswa dengan beban akademik tinggi. Psycholgicalwellbeing dalam penelitian ini diukur menggunakan skala psychological wellbeing yang diturunkan dari 6 dimensi psychological wellbeing, yaitu self-regard, autonomy, hubungan positif dengan orang lain, memiliki tujuan dan arti hidup, serta keinginan untuk tumbuh dan berkembang. Subjek penelitian ini berjumlah 51 mahasiswa Universitas Airlangga yang menempuh minimal 22 SKS dan aktif melakukan aerobic exercise minimal satu kali seminggu. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisoner durasi dan frekuensi aerobic exercise serta alat ukur adaptasi psychological wellbeingyang dikembangkan oleh Ryff (1989). Analisis data dilakukan dengan statistik regresi berganda menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian ini memberikan hasil perhitungan nilai signifikansinya 0,614 lebih besar dari 0,05sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh durasi aerobic exercise dan durasi aerobic exercise terhadap psychological wellbeing pada mahasiswa dengan beban akademik tinggi.