PELATIHAN STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA SMA N 4 SURABAYA

Main Author: SOFI FITRIA HIDAYAH, 111314153030
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/45282/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/45282/2/Tpsi.20-16%20Hid%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/45282/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan strategi self-regulated learning dalam meningkatkan belajar mandiri pada siswa SMA. Peningkatan pada belajar mandiri dapat dilakukan dengan meningkatkan selfregulated learning dengan mengajarkan siklus-siklus dalam self-regulated learning yang meliputi self evaluation and monitoring, goal setting and strategic planning, strategy-implementation monitoring, strategy-outcome monitoring. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan desain onegroup pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Surabaya. Beberapa alat pengumpul data yang digunakan adalah tes prestasi pelatihan strategi self regulated learning, skala, dan wawancara inter rater belajar mandiri yang disusun oleh peneliti yang berlandaskan dari teori yang dikemukakan oleh Candy (1991). Data dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik paired sample t-test dan statistik nonparametrik wilcoxon signed rank test. Hasil analisis data terhadap skor subjek pada alat ukur menunjukkan bahwa: (1) alat ukur tes prestasi dengan nilai t = –17, 804 dan sign = 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning dapat meningkatkan pengetahuan self-regulated learning pada peserta; (2) alat ukur sikap belajar mandiri dengan nilai t = –7,178 dan sign = 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning dapat meningkatkan belajar mandiri pada peserta. Effect size pelatihan ini menunjukkan skor sebesar 0,92 yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning memberikan pengaruh yang cukup kuat pada sikap belajar mandiri peserta pelatihan; (3) alat ukur wawancara inter rater dengan nilai Z = –2,805 dan sign = 0,005 > 0,05 yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning dapat meningkatkan perilaku belajar mandiri pada peserta. Peneliti menyarankan agar peserta dapat terus meningkatkan belajar mandirinya. Bagi sekolah, peneliti menyarankan untuk juga memberikan pelatihan strategi self-regulated learning pada siswa kelas lainnya. Bagi peneliti selanjutnya, peneliti dapat menggunakan metode pengumpulan data yang lebih komprehensif, menggunakan kelompok kontrol, dapat mencapai tingkat true experiment, dan dapat melakukan evaluasi di tingkat result.