Pengaruh Kepribadian Hardiness dan Kematangan Emosi terhadap Penyesuaian Diri Taruna/Taruni yang Menjalani Pendidikan Militer

Main Author: Afrida Kurniasari, 111414253006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/45281/1/ABSTRAK.compressed.pdf
http://repository.unair.ac.id/45281/2/Tpsi.21-16%20Kur%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/45281/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kepribadian hardiness dan kematangan emosi terhadap penyesuaian diri Taruna/Taruni dalam menjalani pendidikan militer. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan variabel independent yaitu penyesuaian diri dan variabel dependent yaitu kepribadian hardiness dan kematangan emosi. Populasi penelitian ini sekaligus merupakan sampel yaitu Taruna/Taruni tingkat II yang berjumlah 104 orang dan saat ini sedang menjalani pendidikan militer di AAL. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari skala penyesuaian diri sebanyak 30 item, skala kepribadian hardiness sebanyak 33 item dan skala kematangan emosi sebanyak 34 item. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepribadian hardiness dan kematangan emosi terhadap penyesuaian diri Taruna/Taruni yang menjalani pendidikan militer. Hal ini dibuktikan dengan dilakukan uji F dengan taraf signifikansi 0.000 (˂ 0,05). Namun secara parsial kepribadian hardiness berpengaruh lebih besar dan signifikan dibandingkan dengan kematangan emosi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penghitungan menggunakan regresi linier berganda dimana kepribadian hardiness memiliki nilai signifikansi 0,000 (˂ 0,05) dan kematangan emosi memiliki nilai signifikansi 0,180 (˃ 0,05).