PENINGKATAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) BERMUATAN LITERASI DINI BERBASIS DEVELOPMENTAL APPROPRIATE PRACTICE (DAP) MELALUI PELATIHAN SRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI DINI BERBASIS DAP PADA GURU PAUD

Main Author: EMILIA MUSTARY, 111214153023
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/45264/1/ATT_1452240408829_ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/45264/2/TPSI%2003%2016.pdf
http://repository.unair.ac.id/45264/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pembelajaran literasi yang dimaknai sebagai pembelajaran membaca dan menulis tengah menjadi perdebatan di dunia pendidikan dewasa ini khususnya pada jenjang pendidikan anak usia dini atau prasekolah. Pendidikan anak usia dini merupakan periode pembelajaran krusial terjadi. Oleh sebab itu penting untuk menyediakan fondasi belajar literasi secara aman. Hal tersebut menuntut guru untuk memberikan pembelajaran literasi yang tepat secara usia, karakteristik, dan sosial budaya anak yaitu pembelajaran literasi dini berbasis developmentally appropriate practice (DAP). Salah satu keterampilan yang harus dimiliki guru adalah keterampilan perencanaan pembelajaran. Pelatihan strategi pembelajaran literasi dini berbasis DAP ini dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memberikan pembelajaran literasi dini yang dapat dilihat melalui penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) bermuatan literasi dan berbasis DAP. peserta pelatihan ini sebanyak 8 orang guru PAUD. Data diperoleh melalui hasil checklist pada RPPH dan kemudian dilakukan analisis statistik nonparametrik wilcoxon signed rank test dengan menguji perbedaan skor sebelum dan sesudah pelatihan. Dari hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.018 (p < 0.05). Dari hasil tersebut diketahui bahwa terdapat peningkatan keterampilan penyusunan RPPH bermuatan literasi berbasis DAP sebelum dan setelah pelatihan sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan strategi pembelajaran literasi dini berbasis DAP efektif untuk meningkatkan keterampilan penyusunan RPPH bermuatan literasi berbasis DAP.