HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DAN KONFORMITAS TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA
Main Author: | AKHMAD FAUZY, 111214253020 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/45258/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/45258/2/Tpsi.15-16%20Fau%20h.pdf http://repository.unair.ac.id/45258/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Kecanduan Game Online adalah sebuah penggunaan berlebihan atau ketergantungan untuk melakukan permainan yang dimainkan dalam komputer atau video games melalui internet maupun sistem jaringan. Kecanduan game online dapat dipengaruhi oleh pola asuh permisif dan konformitas terhadap teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sekaligus menganalisis hubungan pola asuh permisif dan konformitas terhadap teman sebaya dengan kecanduan game online. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian adalah siswa SMPN 2 Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Teknik penelitian pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Validitas item penelitian ini berdasarkan validitas isi dan daya beda item. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisa regresi berganda (Multiple Linier Regression) dengan menggunakan bantuan program SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh permisif dan konformitas terhadap teman sebaya dengan kecanduan game online dengan nilai F hitung sebesar 1,087, nilai signifikan 0,344 > 0,05, nilai R sebesar 0,195 dan Adjusted R Square 0,03, hal ini berarti secara simultan hanya 3% perubahan pada kecanduan game online yang dapat dipengaruhi oleh pola asuh permisif dan konformitas terhadap teman sebaya. Dari hasil analisis data diperoleh model regresi Y = 36,367 + 0,393(X1) + 0,209(X2). Setelah dilakukan uji parsial didapatkan kontribusi pola asuh permisif terhadap kecanduan game online sebesar 10,8%, kontribusi konformitas terhadap teman sebaya sebesar 14,3%.