PENGUKURAN KINERJA DENGAN 3 PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA
Main Author: | DILAH PUSPA SARI, 071211132026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/45221/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/45221/2/FIS.AN.81-16%20Sar%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/45221/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja yang dimiliki oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya dengan 3 perspektif balanced scorecard. Penelitian ini menggunakan teori yang dimiliki oleh Kaplan dan Norton mengenai Balanced Scorecard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kombinasi dengan tipe concurrent triangulation, dengan 16 informan yang merupakan pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya dan dipilih dengan teknik sampel purposive dan kemudian dilanjutkan dengan insidental. Pengukuran kinerja dilakukan berdasarkan perspektif keuangan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Data hasil penelitian ini diperoleh dari pedoman wawancara dan hasilnya berupa skor wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh nilai yaitu: (1) perspektif keuangan dinilai baik dengan total skor 75,62; (2) perspektif proses bisnis internal dinilai baik dengan total skor 78,21; dan (3) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dinilai baik dengan total skor 68,57. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya memiliki kinerja yang baik dengan total skor yaitu 74,13. Berdasarkan pada kesimpulan tersebut, maka dapat diketahui bahwa H1 yang mengatakan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya memiliki kinerja yang tinggi diterima, sedangkan H0 yang mengatakan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Surabaya memiliki kinerja yang rendah ditolak.