PEDAGANG DI KAWASAN WISATA RELIGI SUNAN AMPEL SURABAYA (DALAM PERSEPEKTIF MORAL EKONOMI SCOTTIAN)

Main Author: SUCI NUR AMALIYAH, 071211731075
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/45180/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/45180/2/FIS.ANT.39-16%20Ama%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/45180/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pasar di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel beroperasi di tempat yang terbuka selama 24 jam.Pedagang di kawasan ini berjualan makanan, baju, parfum, aksesoris, kurma, kaset, peci, dan tasbih.Setiap pedagang mempunyai startegi dalam mempertahankan usaha dagangannya. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih Sembilan bulan, Oktober 2015 hingga juni 2016. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pedagang wisata religi sunan ampel Surabaya dalam persepektif moral ekonomi scottian. Penelitian ini menggunakan teori moral (James Scott, 1976). Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Pasar Ampel Jl.Nyamplungan Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan strategi moral pedagang: 1) Strategi mengatasi modal diantaranya menggunakan uang pribadi atau tabungan.2) Strategi kulakan barang diantaranya: a. Strategi pengambilanbarang ialah dalam kota diambil pedagang sendiri sedangkan dari luar kota menggunakan jasa pengiriman; b. Menjalin kepercayaan dengan agen.3) Strategi ketenaga kerja diantaranya : a. Tenaga kerja sendiri; b.Melibatkan tenaga pegawai. 4)Kegiatan perdagangan diantaranya: a.Strategi pemasaran ialah tergantung pada musim ramai dan musim sepi; b.Mengatasi program pasar diantaranya membentuk kepengurusan, membayar iuran kas, dan mentaati peraturan.5)Strategi dalam mempertahankan usaha dagangan diantaranya: a. Mewariskan dagangan; b. Menghemat pengeluaran dan mengembangkan dagangan.