STRATEGI DINAS PERTANIAN DAN DINAS KOPERASI UMKM KOTA SURABAYA DALAM MENGEMBANGKAN SENTRA IKAN BULAK DI SURABAYA
Main Author: | AYU KARINA PUTRI, 071211133048 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/44026/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/44026/2/FIS.AN.66-16%20Put%20s.pdf http://repository.unair.ac.id/44026/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi UMKM Kota Surabaya dalam mengembangkan Sentra Ikan Bulak di Surabaya. Masalah yang mendasari adalah adanya fenomena berkembangnya akivitas perdagangan di Sentra Ikan Bulak dibandingkan saat awal pengoperasian sentra. Penelitian ini menggunakan teori strategi organisasi publik dan pengembangan sentra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Dinas pertanian Kota Surabaya, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya serta Sentra Ikan Bulak. Informan yang diambil berasal dari pihak dinas, asosiasi pedagang, dan pedagang di Sentra ikan Bulak. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling lalu berkembang menjadi snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data selanjutnya dilakukan teknik triangulasi data untuk pemeriksaan keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pertanian Kota Surabaya berperan dalam sentra tahap baru, tahap pertumbuhan dan tahap berkembang. Pada sentra tahap baru, Dinas Pertanian Kota Surabaya melakukan strategi tranformasi dengan upaya yang dilakukan adalah pendataan dan penertiban pedagang. Pada sentra tahap tumbuh dan berkembang, Dinas pertanian Kota Surabaya melakukan strategi ekspansi dengan upaya yang dilakukan adalah pendataan pedagang ulang, pembinaan pedagang, penyediaan sarana prasarana dan promosi melalui acara sedangkan Dinas koperasi dan UMKM Kota Surabaya berperan saat sentra berada pada tahap tumbuh dan berkembang. Pihaknya melakukan strategi campuran antara ekspansi dan transformasi dengan upaya yang dilakukan adalah pelatihan pedagang dan pembentukan koperasi. Jadi, pengembangan sentra ikan dapat dilakukan dengan strategi ekspansi dan transformasi.