Dampak Kualitas Pelayanan Perizinan Terhadap Peningkatan Investasi Pada UPT Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Jawa Timur

Main Author: Erlina Maslihatin, 071211133060
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/43037/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/43037/2/FIS.AN.28-16%20Mas%20d.pdf
http://repository.unair.ac.id/43037/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pelayanan publik hingga saat ini masih mengalami beberapa permasalahan dan diwarnai dengan persepsi ataupun keluhan yang beragam dari masyarakat. Keluhan yang terkait dengan lamanya pemrosesan, lalu proses yang berbelit-belit atau bahkan aparatur petugas layanannya yang kurang ramah serta terjadinya praktik pungutan liar dan lain sebagainya. Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014 menempati urutan kedua dalam hal pengaduan dari masyarakat terkait masalah perizinan. Hingga demikian, pemerintah terus mengupayakan untuk melakukan perbaikan agar kualitas pelayanan semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan perizinan yang terdiri dari dimensi Wujud (Tangible), dimensi Kehandalan (Reliability), dimensi Daya Tanggap (Responsivness), dimensi Jaminan (Assurance) dan dimensi Empati (Empathy) terhadap peningkatan investasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tipe explanatory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini 88 responden UPT Pelayanan Perizinan Terpadu Provinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampelyang digunakan adalahsimple random sampling. Teknik analisis data dan interpretasi data melalui uji korelasi Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perizinan berpengaruh terhadap peningkatan investasi dengan nilai koefisien korelasi (r) 0.581 dandinyatakan signifikan, karena nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya di bawah nilai taraf kesalahan α yakni 0,05. Dimensi yang paling kuat pengaruhnya ialah dimensi jaminan (Assurance).